> CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN BENAR 2017 - Kata Kata Bijak

Kata Kata Bijak

Portal Berbagi, Kata-kata mutiara, Kata kata bijak, Kata Kata Motivasi, Kata Kata Romantis, Kata Kata Cinta, Contoh Soal Psikotes, Contoh Resensi, Contoh Moto Hidup, Contoh Surat Resmi,

CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN BENAR 2017

Contoh Surat Lamaran Kerja. Sobat budiman, kali ini saya akan berikat Contoh surat lamaran kerja tentunya untuk menjadi referensi bagi anda yang sedang mencari panduan untuk membuat surat lamaran kerja. Mungkin terdapat jutaan artikel di internet yang menyediakan panduan yang disertai contoh surat lamaran pekerjaan baik itu surat lamaran kerja untuk melamar ke perusahaan maupun surat lamaran pekerjaan untuk melamar sebagai CPNS.

Dari sekian banyak panduan maupun tips dalam menulis lamaran kerja, secara garis besar terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat surat lamaran dan apa saja itu, dan apa saja yang membedakan antara membuat surat lamaran kerja untuk perusahaan dan untuk CPNS? Untuk membuat surat lamaran, sebenarnya sangat bergantung dari tempat anda melamar kerja apakah anda melamar pekerjaan untuk perusahaan swasta, pemerintah atau BUMN. Dalam menulis lamaran kerja kita dapat menggunakan tulisan tangan ataupun dengan mesin ketik namun dari informasi dinas ketenagakerjaan dijelaskan bahwa jika melamar kerja untuk perusahaan umumnya bisa dibuat dengan cara tulis tangan atau mesin ketik tergantung dari tempat perusahaan anda melamar kerja sedangkan untuk surat lamaran pekerjaan dalam hal ini untuk CPNS maka harus ditulis dengan tulisan tangan

Surat lamaran kerja 

yang saya buat pada artikel ini sudah saya buat sesuai dengan format dan struktur penulisan lamaran kerja dan sebelum lanjut ke contoh surat lamaran kerja ada baiknya saya lengkapi juga tips dan kriteria untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar karena bagaimanapun juga surat lamaran yang kita kirim adalah proses awal yang menentukan dan terbukanya peluang apakah anda layak atau tidak menjadi karyawan dari sebuah perusahaan tertentu, sehingga sebelum membuat surat lamaran pekerjaan ada baiknya anda mempelajari terlebih dahulu cara membuat surat lamaran kerja berikut memperhatikan contoh surat lamaran kerja yang akan saya bagikan kali ini

CONTOH SURAT LAMARAN KERJA

Cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar

Bagaimanakah cara membuat surat lamaran kerja yang benar? sebenarnya membuat surat lamaran kerja tidak sesulit yang dibayangkan, hanya saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan dimana surat lamaran kerja hendaknya memiliki struktur berikut di bawah ini

1.Tempat dan tanggal penulisan
2.Perusahaan yang ditujukan
3.Salam hormat
4.Kata pengantar
5.Biodata pribadi
6.Pengalaman kerja dan skill
7.Harapan
8.Penutup

Tips dalam membuat surat lamaran kerja
1. Menggunakan bahasa yang baik dan benar
2.Format penulisan tersusun rapi dengan bahasa yang tidak bertele-tele
3.Surat lamaran kerja hendaknya ditulis secara manual dan memang anda yang membuatnya
4.Lengkapi dengan data-data yang dibutuhkan oleh perusahaan tempat anda melamar kerja
5.Lampirkan surat pendukung lainnya seperti sertifikat pengalaman kerja 


Syarat-Syarat dalam menulis surat lamaran kerja:

Bahasa Penulisan : Gunakan bahasa penulisan yang baik dan benar usahakan sesuai dengan EYD, gunakan juga bahasa-bahasa yang lebih sopan dan santun karena hal itu akan menjadi nilai positif tersendiri bagi anda.

Persyarata dari Instansi atau Lembaga : Lengkapi semua persyaratan yang diminta oleh perusahaan, jangan sampai anda remehkan hal ini. Jika sampai anda remehkan maka jangan harap surat lamaran anda akan ditindak lanjuti.

Kemampuan Anda : Tunjukkan kemampuan anda, jelaskan bahwa anda berkompeten dibidang ini atau itu, kalau perlu tunjukkan portofolio yang pernah anda buat, namun perlu anda ingat juga jangan terkesan terlalu menyombongkan kemampuan anda, siapa tau hal tersebut malah akan menjadi boomerang bagi anda.
Cara Menulis, di ketik komputer atau tulis tangan? Terkadang seseorang lebih memilih mengirim surat lamaran kerja yang telah diketik dengan komputer kemudian dicetak, namun saya sarankan tulislah dengan tangan anda sendiri serapih mungkin, percayalah. Karena banyak yang bilang perusahaan bisa melihat kepribadian seseorang hanya dari tulisan tangannya saja.

Dalam menulis surat lamaran kerja itu tidak semudah kita kirim surat kepada pacar (:D) karena surat ini permohonan kita kepada kepala lembaga atau instansi. Jadi cobalah untk menghindari kata atau kalimat yang kurang efektif. Misalnya : kalimat yang diulang-ulang tanpa alasan, ejaan yang salah, maupun penggunaan tata bahasa yang buruk. Yang sering terjadi adalah penggunaan kata keterangan yang berulang-ulang, atau kata sambung yang berulang-ulang, yang menyebabkan kalimat terasa janggal, yang persis seperti kalimat yang sedang anda baca saat ini, yang menggunakan kata sambung ‘yang’ secara berulang-ulang dan berlebihan.

Kita juga dapat menuliskan beberapa prestasi kita dan kemampuan kita dalam surat lamaran, untuk menunjukkan bahwa kita mempunyai prestasi dan pengalaman yang patut dipertimbangkan. Terkadang satu hal ini terlewatkan yaitu referensi. Apa itu referensi? Kita dapat juga mencantumkan referensi yang mana referensi itu adalah nama orang yang bisa dihubungi oleh pihak penyeleksi untuk menanyakan hal-hal penting seputar diri anda (biasanya nama atasan dimana anda bekerja sebelumnya). Nah jika anda masih bingung bagaimana cara menulis surat lamaran, dibawah ini sudah ada 2 contoh surat lamaran kerja di sekolah dan contoh surat lamaran pekerjaan di perusahaan, pabrik atau PT.

PENTING : Dalam beberapa kesempatan saya sering melihat iklan lowongan kerja dalam berbagai bentuk yang hanya tertera dan ditujukan kepada para calon karyawan untuk mengirim cv lamaran kerja. Perlu anda ketahui bahwa cv merupakan lampiran kelengkapan yang disertakan dalam surat lamaran kerja yang anda kirim dan itu artinya anda harus membuat surat lamaran kerja dan disertai dengan cv atau curriculum vitae dan syarat-syarat kelengkapan lainnya yang sudah saya jelaskan pada setiap contoh lamaran kerja di bawah ini dan untuk membuat CV dan kelengkapan lainnya silahkan anda lihat contohnya melalui link pada akhir artikel ini

Contoh surat lamaran kerja yang Baik dan Benar


Jamanis, 21 April 2015
Kepada Yth :
HRD PT. Media Pustaka Grups
Jl. Dadaha Kota Tasikmalaya


Perihal : Lamaran kerja

Dengan Hormat

Berdasarkan informasi dari media cetak, koran Terpadu perihal lowongan pekerjaan di perusahaan tempat Bapak/Ibu pimpin. Melalui surat lamaran ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin guna mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini. Saya yang bertanda tangan di bawah ini :


Nama : Ridwan SH, A.Ma

Tempat, Tgl. Lahir : Jamanis, 29 Mei 1985
Alamat : Jl. Raya Ciawi Km3 Jamanis - Tasikmalaya
No. Telp/HP : 081555678898
Pendidikan : D3 Informasi
Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan diwaktu yang akan datang, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut :

1.Pas Photo.
2.Foto copy KTP
3.Daftar Riwayat Hidup
4.Foto copy Ijazah Terakhir
5.Foto copy Sertifikat Competensi
6.Foto copy Sertifikat PKL

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenarnya dan atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/Ibu pimpinan saya mengucapkan terimakasih.


Hormat saya


Fahrur Rozi

CONTOH SURAT LAMARAN KERJA
Tekadkan dirimu, pasti bisa

Contoh surat lamaran kerja Yang Baik dan Benar

Jamanis, 21 April 2015
Kepada Yth :
HRD PT. Media Pustaka Grups
Jl. Dadaha Kota Tasikmalaya


Dengan hormat,
Saya yang bertandatangan di bawah ini :
Nama : Ridwan SH, A.Ma
Tempat, Tgl. Lahir : Jamanis, 29 Mei 1985
Alamat : Jl. Raya Ciawi Km3 Jamanis - Tasikmalaya
No. Telp/HP : 081555678898
Pendidikan : D3 Informasi


Dengan surat ini saya ingin mengajukan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sebagai Marketing.


Saya memiliki pengalaman bekerja sebagai Marketing Manajer di salah satu perusahaan terkemuka di Jakarta, dan dengan surat permohonan ini saya siap untuk memberikan dedikasi dan kompetensi baik waktu dan tenaga saya apabila diperlukan dan sangat besar harapan saya agar dapat diberikan kesempatan wawancara maupun tes lainnya.


Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan surat :


1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy Ijazah
3. Foto copy sertifikat
4. Foto copy KTP
5. Foto copy transkrip nilai
6. Pas photo terbaru
7. Surat Pengalaman Kerja


Demikian surat lamaran kerja ini, saya ucapakan banyak terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu.


Hormat saya


Ridwan 


Contoh Surat Lamaran Kerja


Surabaya, …

Hal : …
Lamp. : …

Yth,
(Nama Perusahaan Yang Dituju)
(Alamat Perusahaan)
(Kota Perusahaan)

Dengan hormat,
Saya yang bertandatangan dibawah ini :

Nama : ………………………………..
Tempat & Tgl. Lahir : ……………
Jenis Kelamin : …………………….
Status Pernikahan : ………………
Pendidikan Terakhir : …………..
No. Telp / HP : ……………………..
Almat : ………………………………..

Dengan ini saya mengajukan surat lamaran kerja pada PT. (Nama Perusahaan) untuk menjadi karyawan pada perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin. Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan :
Daftar Riwayat Hidup
Foto Copy Ijazah terakhir
Foto Copy Kartu Tanda Penduduk
Pas Photo terbaru

Besar harapan saya, untuk dapat diterima dan bergabung dalam PT. (Nama Perusahaan) yang Bapak/Ibu pimpin. Atas kebijaksanaanya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,



( Nama Terang )


Contoh Surat Lamaran Kerja 1



Surabaya, 10 September 2015

Yth,
Bapak/Ibu pimpinan
PT. Makmur Sejahtera
Jl. Anggrek Melati No. 07
Jakarta

Dengan hormat,
Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari PT. Makmur Sejahtera, seperti yang dimuat di Harian Bangsa pada tanggal 8 September 2015, dengan ini saya mengajukan diri untuk bergabung dengan PT. Makmur Sejahtera. Adapun biodata saya sebagai berikut :

Nama : Dian Nitami
Tempat & Tgl. Lahir : Surabaya, 28 Februari 1987
Pendidikan Terakhir : SMK
Alamat : Jl. Jembatan Merah 25 Surabaya
No. Telp / HP : 087 534 534 123
Status Pernikahan : Belum Menikah

Dengan ini saya mengajukan surat lamaran kerja pada PT. Makmur Sejahtera untuk menjadi karyawan pada perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin. Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan :

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy ijazah SMK
3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
4. Pas photo terbaru.

Besar harapan saya, untuk dapat diterima dan bergabung dalam PT. Makmur Sejahtera yang Bapak/Ibu pimpin. Atas kebijaksanaanya saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,



Dian Nitami



Contoh Surat Lamaran Kerja 2

Kepada:
Yth.Bapak Menteri Departemen Hukum dan HAM RI
di Jakarta

Dengan Hormat,
Saya yang bertandatangan di bawah ini :
Nama : Mayang Sari
Tempat & Tgl. Lahir : Jakarta, 20 November 1985
Jenis Kelamin : Perempuan
Pendidikan Terakhir : S1 Hukum
Alamat : Jl. Raya Kemayoran No. 17 Jakarta Selatan
No. Telp / HP : 0821 3546 7632

Dengan ini mengajukan permohonan kepada Bapak Menteri Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk dapat menerima saya sebagai Calon Pegawai Negeri sipil (CPNS) di wilayah hukum Republik Indonesia.

Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan beberapa persyaratan sebagai berikut :

1.Foto Copy Ijasah Terakhir S1 legalisir
2.Foto Copy Sertifikat computer
3.Foto Copy KTP
4.Foto Copy Akte Kelahiran
5.Foto Copy SKCK
6.Foto Copy Kartu Keluarga
7.Foto Copy kartu kuning
8.Pas photo berwarna dengan ukuran 4×6

Demikianlah permohonan ini saya sampaikan kepada Bapak Menteri Departemen Hukum dan HAM. Atas perhatian dan pertimbangan Bapak saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,



Mayang Sari




Contoh Surat Lamaran Kerja Secretary/Administratif 



Kepada Yth,
Kepala Bagian Personalia
PT. Trie Mukty Pertama Karya
Jl. Brigjend  15 A
Jakarta

Dengan hormat,

Menanggapi iklan Anda di harian Kompas terbitan tanggal 5 Mei 2015 untuk posisi sekretaris, saya ingin menawarkan diri saya untuk posisi tersebut.

Saya berusia dua puluh dua tahun dan pernah bekerja sebagai staf juru ketik selama dua tahun. Setelah tamat dari Akademi Sekretaris, saya mengikuti pelatihan kerja untuk pekerjaan sekretaris selama tiga bulan. Sekarang saya merasa memiliki keahlian yang diperlukan untuk mengisi lowongan yang Anda tawarkan.

Untuk informasi selanjutnya, dengan ini saya lampirkan daftar riwayat hidup, surat keterangan dari akademi, dan selembar foto terbaru saya.

Saya harap Bapak akan mempertimbangkan lamaran ini, dan memberi saya suatu kesempatan untuk wawancara.


Hormat saya,


Anas Danason


Contoh Surat Lamaran Kerja Resepsionis 

Kepada Yth,
Kepala Bagian Personalia
PT. Hotel Cantika
Jl. Raya Perjuangan 56
Jakarta Barat


Dengan hormat,

Setelah membaca iklan bapak pada harian Kompas hari ini untuk jabatan penerima tamu (receptionist), saya mengajukan diri untuk mengisi posisi tersebut.

Saya telah menyelesaikan program diploma saya di bidang perhotelan dan pariwisata di Akademi Pariwisata Jakarta, dan berkeyakinan mempunyai kemampuan yang diperlukan untuk pekerjaan tersebut. Saya berusia dua puluh tahun dan pernah bekerja pada perusahaan asuransi. Saya dapat berbicara dengan bahasa Inggris secara baik dan mampu mengoperasikan komputer.

Sebagai bahan pertimbangan, saya telah melampirkan daftar riwayat hidup, salinan surat berkelakuan baik dari Kepolisian, ijazah terakhir serta foto saya yang terbaru.

Saya sangat menantikan kesempatan untuk wawancara, dimana saya bisa menjelaskan seluruh potensi dan kemampuan diri saya kepada bapak.


Hormat saya,



Ono Suryu


Contoh Surat Lamaran Kerja Programmer 

Kapada Yth,
Bapak Kepala Bagian Personalia
PT. Batavia Komputindo
Jl. Mangga dua @
Jakarta Barat

Dengan hormat,

Saya sangat tertarik dengan iklan Bapak dalam terbitan harian Media Indonesia terbitan hari Sabtu, 21 Mei 2015 mengenai adanya lowongan untuk jabatan Computer Programmer. Maka, bersama surat ini saya mengajukan diri untuk mengisi lowongan tersebut.

Saya berusia 23 tahun, dan telah menyelesaikan kuliah jurusan Computer Programming di Akademi Komputer (AKAKOM), Jakarta pada bulan September 2008, dengan IPK 3.21. Selain kuliah, selama 1 tahun terakhir saya bekerja sebagai asisten instruktur di Pusat Kursus Komputer ‘Arcadia’, Jakarta.

Untuk keterangan lebih terperinci, bersama ini saya lampirkan juga surat keterangan pengalaman kerja, surat tanda kelulusan sementara dari AKAKOM Jakarta, daftar riwayat hidup singkat, dan foto terbaru saya.

Saya berkeyakinan bahwa surat ini beserta lampirannya belum cukup untuk dijadikan bahan pertimbangan. Oleh karena itu, saya berharap Bapak akan memberikan suatu kesempatan wawancara kepada saya, sehingga dapat diperoleh keterangan mengenai diri saya secara lebih terperinci dan lengkap.

Hormat saya,



Johnny Sunardi


Contoh Surat Lamaran Kerja Penerbitan 

Jl. Kesehatan 54
Bintaro Jaya
Tangerang 15156
021 – 7455888

24 Mei 2012


Human Resources Department
PT. Gamal Press
Jl. Pal Merah Selatan 54
Jakarta Selatan 15446

Dengan hormat,

Bersama ini saya kirimkan surat lamaran dan curriculum vitae (CV), sebagai tanggapan atas iklan Bapak mengenai penawaran pekerjaan untuk posisi copywriter pada divisi majalah otomotif.

Seperti ditunjukkan dalam CV saya, saya telah bekerja selama dua tahun sebagai copywriter dan assistant copy editor di majalah Mantra.

Dalam iklan bapak disebutkan bahwa salah satu prasyarat untuk posisi tersebut adalah mempunyai ketertarikan dan pengetahuan tentang modifikasi sepeda motor. Mungkin kurang tepat jika saya memasukkan pengalaman saya ini ke dalam CV saya, tetapi saya ingin Bapak mengetahui bahwa saya mempunyai hobi olahraga bermotor 'Road Race' dimana saya pernah menjadi juara III tingkat Propinsi. Dari pengalaman tersebut, Bapak bisa melihat bahwa saya mempunyai ketertarikan dan pengetahuan otomotif yang menjadi prasyarat tersebut.

Saya selalu terbuka untuk undangan wawancara, dimana Bapak bisa mengetahui potensi diri saya secara lebih mendalam. Silahkan menghubungi saya sesuai dengan waktu yang Bapak kehendaki.

Terima kasih atas tanggapan yang Bapak berikan.


Hormat saya,




Slamet Riyadi


Contoh Surat Lamaran Kerja Pemasaran 

Jl. Karet Belakang 56
Karet Setiabudi
Jakarta 12920


24 Mei 2015

Yth;

Bpk. Adang Daradjat
Kepala Divisi Pemasaran
PT. BAC Indonesia
Jl. Jend. Sudirman kav.26
Jakarta Selatan 12750


Dengan hormat,

Saya berkeyakinan bahwa pengalaman saya selama 6 tahun di bidang pemasaran akan menjadi asset yang berharga untuk PT. BAC Indonesia.

Selama bekerja di PT. General Electronic, saya telah berhasil meningkatkan penjualan produk sebesar 10% hingga 20%, pada 10 pasar yang berbeda, dengan total penjualan sebesar Rp.600 milyar dalam waktu 3 tahun. Saya juga telah berhasil membuka 5 pasar baru yang saat ini telah meraih sukses.

Pada curriculum vitae yang terlampir, bisa dilihat bahwa saya juga berpengalaman dalam bidang pengembangan produk baru, prosedur lisensi, hingga prosedur ekspor impor. Jika Bapak berkenan, mohon ijinkan saya untuk bertemu guna menjelaskan potensi diri saya secara lebih mendalam. Saya bisa dihubungi di (021) 25049902.

Hormat saya,



Susianti Tanuwidjaja


Contoh Surat Lamaran Kerja Marketing/Sales/Kurir 

Jakarta 25 Mei 2015,


Kepada Yth,
HRD Manager
PT. KURIR EKA CEMERLANG
Jl. IR. H. Juanda 12 A
Jakarta Selatan

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Dengan hormat,

Bersama ini saya sampaikan keinginan saya untuk melamar pekerjaan sebagaimana dimaksud dalam iklan lowongan pekerjaan di harian Pos Kota tanggal 18Mei 2013.

Pendidikan terakhir saya di SMA Negeri 204 Jakarta Selatan telah diselesaikan pada tahun 2005. Saya memiliki kendaraan sendiri (sepeda motor), dan telah mempunyai SIM C dan A.

Dalam surat lamaran ini saya lampirkan 1 (satu) lembar Daftar Riwayat Hidup beserta Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari Kepolisian dan Ijazah terakhir untuk dijadikan bahan pertimbangan selanjutnya.

Besar harapan saya, agar bapak/ibu bersedia meluangkan waktu untuk wawancara, sehingga saya dapat memperkenalkan diri secara lebih baik dan terperinci.

Atas perhatian bapak/ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,



Eddy Syamsuddin



Lampiran:

1 lembar Daftar Riwayat Hidup
1 lembar salinan Surat Keterangan Berkelakuan Baik
1 lembar salinan Ijazah terakhir
3 lembar pas foto terakhir ukuran 4 x 6


Contoh Surat Lamaran Kerja Marketing/sales

Jakarta, 25 Mei 2015

Kepada Yth.
Kepala Bagian Personalia
DIRECT MARKETING DIVISION
P.O. BOX 553/JKS

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi adanya lowongan pekerjaan sesuai dengan iklan di harian Kompas tanggal 18 Mei 2015, dengan ini saya mengajukan diri untuk posisi SR (Sales Representative).

Saya telah lulus dari SMA Bhinekka Tunggal Ika, Jakarta pada tahun 2006, dan saat ini sedang menyelesaikan semester terakhir kuliah malam (Extension Program) program Diploma 3 jurusan Manajemen Pemasaran di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) ”Veteran” Jakarta. Saya memiliki kendaraan bermotor sendiri, telah mempunyai SIM C, dan dapat berbahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan.

Sebagai bahan pertimbangan, dalam surat lamarana ini saya lampirkan:

1 lembar salinan ijazah terakhir
1 lembar salinan sertifikat kursus pendidikan bahasa Inggris tingkat menengah
1 lembar foto berwarna 4x6

Besar harapan kami agar bapak dapat/ibu dapat memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menunjukkan potensi diri saya secara lebih rinci.


Hormat saya,



Steven Balawan


Contoh Surat Lamaran Kerja Manajer Pemasaran  

Jl. Metro Pondok Indah 45
Jakarta Selatan 15776
(021) 5687795

25 Mei 2015

Yth;
Kepala Bagian Sumber Daya Manusia
PT. Daya Guna Fertilizer
Jl. Ciputat Raya 16 A
Ciputat
Tangerang 15774


Dengan hormat,

Bersama ini saya kirimkan surat lamaran beserta curriculum vitae sebagai tanggapan atas iklan Anda di harian Kompas, hari Sabtu 21 Mei 2015.

Saya telah mempunyai pengalaman selama lima tahun menjadi manajer pemasaran produk kosmetik dan perawatan rambut di PT. Surya Ayu Cosmetic, Jakarta. Dalam posisi tersebut saya bertanggung jawab atas penjualan di wilayah Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bogor dan Cilegon.

Saya menyadari bahwa surat lamaran maupun curriculum vitae yang saya kirimkan ini tidak dapat menjelaskan kualifikasi saya secara mendalam. Oleh karena itu, saya sangat mengharapkan adanya suatu kesempatan wawancara, dimana saya dapat menjelaskan bagaimana potensi dalam diri saya dan pelayanan yang akan saya berikan akan menjadi asset yang berharga bagi PT. Daya Guna Fertilizer.


Hormat saya,



Nadya Faizzatia


Contoh Surat Lamaran Kerja Kargo/Transportasi 

Jl. Setiabudi I No.15
Kebayoran Baru
Jakarta 565200
Phone: (021) 1566667

25 Mei 2015

Head of Human Resources Dept.
PT. Indonesia Federation Express
Jl. Kesejahteraan No.54
Jakarta Selatan 12922

Dengan hormat,

Melalui surat ini saya mengajukan diri untuk bekerja di perusahaan Bapak, karena saya berkeyakinan bahwa pengalaman saya di bidang manajemen transportasi akan mendapat perhatian dari Bapak.

Seperti yang termuat dalam curriculum vitae terlampir, saat ini saya telah menjabat sebagai manajer transportasi udara di PT. Fast Cargo selama lima tahun. Dalam posisi tersebut, saya telah berhasil mengembangkan wilayah pelayanan baru untuk jasa pengiriman kargo ke 5 negara di Eropa.

Besar harapan saya agar Bapak sudi memberikan kesempatan wawancara agar saya dapat menjelaskan kemampuan dan potensi diri saya secara lebih mendalam. Karena saat ini masih berstatus sebagai karyawan di suatu perusahaan, saya akan sangat berterima kasih jika hal ini dijaga kerahasiaannya.

Terimakasih atas perhatian Bapak.


Hormat saya,



Bambang Suripto


Contoh Surat Lamaran Kerja Desain Interior 

Jl. Kalibata No.15
Duren Tiga, Jakarta 15644


25 Mei 2015


Yth;
Ny. Eny Sukamto
Kepala Desain Interior
Kantor Pusat Mentari Department Store
Jl. Tanah Abang II No.56 lt.5
Jakarta 17005

Dengan hormat,


Saya mendapat informasi dari Bpk. Wahab, kepala departemen pakaian pria di Mentari Department Store - Plaza Indonesia, bahwa Anda membutuhkan desainer interior untuk menangani salah satu cabang Mentari Dept. Store yang segera akan dibuka di daerah Kalibata, Jakarta. Berdasarkan informasi tersebut, saya mengajukan diri untuk mengisi kebutuhan desainer interior itu.

Seperti yang telah dijelaskan dalam resume terlampir, saya adalah lulusan jurusan Desain Interior di Institut Kesenian Jakarta tahun 2006. Saat ini saya bekerja lepas sebagai desain interior untuk sebuah event organizer di Jakarta.

Besar harapan saya agar Anda sudi memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan bahwa potensi dan kemampuan saya tersebut akan memberikan kontribusi yang bernilai untuk Mentari Department Store. Saya dapat dihubungi setiap waktu di 021-6794577.

Terima kasih atas perhatiannya.


Hormat saya,



Donna Harun


Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank (Banking) 

Jl. Kayu Manis II/24
Cempaka Putih
Jakarta Pusat 17556

25 Mei 2015

Yth;
Bpk. Hartono Hartawan
Direktur Personalia
PT. Bank Perkasa
Jl. Gajah Mada 25
Jakarta 17006


Dengan hormat,

Bapak Sindunata, kepala cabang Bank Perkasa Tanah Abang, yang merupakan sahabat dari orang tua saya, menyarankan untuk menulis surat kepada bapak, mengenai kemungkinan adanya kebutuhan karyawan baru sehubungan dengan akan dibukanya cabang Bank Perkasa di daerah Cempaka Putih. Bilamana memang benar, sudilah kiranya Bapak memberikan kesempatan kepada saya untuk mengisi kebutuhan tersebut.

Seperti tertulis dalam resume terlampir, saya adalah lulusan Akademi Akuntansi Yayasan Administrasi Indonesia (YAI) Jakarta tahun 2007. Saya telah bekerja paruh waktu selama 4 bulan terakhir sebagai tenaga kasir di toko buku Alda, Jakarta Pusat. Saya mampu mengoperasikan komputer untuk melakukan pengolahan data maupun pembuatan laporan menggunakan MS Excel, MS Word dan PowerPoint, dan saya bersedia menggunakan kemampuan saya tersebut untuk pekerjaan administrasi.

Saya sangat ingin untuk bertemu Bapak dalam suatu kesempatan wawancara, dimana saya dapat menjelaskan kemampuan dan potensi diri saya secara lebih mendalam. Saya dapat dihubungi di nomor telepon 021-556887.

Atas perhatiannya, saya sampaikan terima kasih.


Hormat saya,



Wirda Nadya


Contoh Surat Lamaran Kerja Accounting - Tax (Perpajakan)

Jl. Masjid No.57
Petukangan
Jakarta Selatan 14577
Telp. (021) 7455566

25 Mei 2015

Bpk. Bambang Susilo
PT. AutoRent 2000
Jl. Bintaro Utama no. 45
Bintaro Jaya
Jakarta Selatan 16775


Dengan hormat,

Salah seorang teman saya, Nn. Suzana Karamoy, yang juga staff departemen akuntansi di PT. AutoRent 2000, belum lama ini telah memberikan informasi kepda saya mengenai adanya lowongan pekerjaan di departemen akuntansi sebagai staf bagian pajak. Saya berkeyakinan bahwa saya memenuhi kualifikasi yang diperlukan, dan saya mengajukan diri untuk mengisi lowongan tersebut.

Seperti yang telah saya jelaskan di resume terlampir, saya mempunyai pengalaman selama lima tahun dalam bidang akuntansi pajak. Dalam posisi pekerjaan saat ini di PT. ABC Leasing, saya bertanggung jawab dalam pembukuan dan pelaporan pajak.

Saya sangat mengharapkan sebuah kesempatan wawancara, dimana saya dapat menjelaskan mengapa saya yakin akan menjadi asset yang memberikan kontribusi yang bernilai bagi PT. AutoRent 2000. Saya dapat dihubungi setiap waktu di nomor telepon yang tercantum di atas.

Hormat saya,



George Anderson Latuheru


Contoh Surat Lamaran Kerja Accounting & Finance 

Jakarta, 25 Mei 2015


Kepada Yth ;

Departemen Pengembangan SDM
PT. INFOMEDIA NUSANTARA
Jl. R.S. Fatmawati No.77-81
Jakarta 12150

Selamat siang,

Bersama surat lamaran kerja ini saya sampaikan keinginan saya untuk bergabung menjadi karyawan di PT. INFOMEDIA NUSANTARA. Saya mempunyai pengalaman bekerja yang berhubungan dengan Akuntansi, Finance dan Sistem Informasi Manajemen di sebuah perusahaan perbankan swasta nasioanal.

Saat ini saya dalam kondisi kesehatan yang sangat baik, dan dapat bekerja dalam tim maupun individu secara baik, walaupun untuk pekerjaan dengan tenggat waktu (dead line) yang ketat. Berdasarkan pengalaman bekerja tersebut, serta adanya kemauan belajar dan bekerja dengan lebih baik lagi, saya berkeyakinan akan dapat memberikan kontribusi yang berharga untuk PT. INFOMEDIA NUSANTARA.

Saya berharap bapak/ibu bersedia meluangkan waktu untuk wawancara, sehingga saya dapat memperkenalkan diri saya secara lebih rinci. Semoga kualifikasi dan pengalaman bekerja saya sesuai dengan kebutuhan karyawan di perusahaan bapak/ibu.


Hormat saya,



Priyambodo Iman Nurcahyo, SE


Contoh Surat Lamaran Kerja Manajemen

Jl.Panjang 15
Kebayoran Lama
Jakarta Selatan 12540

25 Maret 2015

Yth;
Bpk. Priyayi Gondokusumo
Director Personalia
PT. Gunung Mas Industri
Jl. Gunung Sahari 45 A
Jakarta 16554


Dengan hormat,

Saya adalah lulusan Universitas Tri Sakti Jakarta jurusan Manajemen, dan akan diwisuda untuk menerima gelar Sarjana Ekonomi pada bulan April 2015 mendatang. Saya tertarik untuk bekerja sebagai staf yunior pada perusahaan Bapak. Seorang teman baik orangtua saya, yaitu Bapak Suryo Hadipranoto, memberikan informasi berharga bahwa PT. Gunung Mas Industri adalah perusahaan yang solid dan terdepan dalam industri pengelolaan perkebunan dan pengolahan hasil hutan di Indonesia.

Pendidikan yang telah saya tempuh selama perkuliahan mencakup bidang ekonomi yang cukup luas, dengan konsentrasi di bidang statistik, manajemen sumber daya manusia, produksi dan pemasaran.

Saya telah melampirkan curriculum vitae yang menunjukkan riwayat pendidikan dan pengalaman saya, yang saat ini telah berhasil menjalankan manajemen tingkat mikro, dengan membuka sebuah toko kerajinan di pasar seni Ancol. Dari informasi tersebut, Bapak dapat melihat bahwa saya adalah seorang yang aktif, mempunyai motivasi, dan siap untuk mengembangkan potensi dan memberikan kontribusi yang bernilai di perusahaan Bapak.

Saya berharap, Bapak sudi memberikan kesempatan wawancara. Saya bisa dihubungi di nomor telepon 021-5816679.


Hormat saya,



Jolang Wisnupranolo


Contoh Surat Lamaran Kerja Information Technology (IT) 

Jl. Merpati 25
Bintaro Jaya
Tangerang 15146
021-5849299

25 Mei 2015


Kepada Yth;
Head of Human Resources Dept.
PT. Bintaro Komputindo
Bintaro Central Business District
Jl. MH Thamrin B-5
Bintaro Jaya
Tangerang 15774

Dengan hormat,

Saya adalah mahasiswa jurusan Tekhnik Komputer di Universitas Bina Nusantara, Jakarta, yang telah lulus, dan akan diwisuda untuk menerima gelar Sarjana Tekhnik Komputer pada bulan Juni 2015.

Saat ini saya sedang mencari pekerjaan dalam bidang yang berhubungan dengan Database/Graphic Package Design dalam suatu departemen pengembangan dan penilitian pada sebuah perusahaan yang berskala besar.

Pada tahun-tahun terakhir perkuliahan, saya bekerja paruh waktu di Lembaga Pendidikan Kejuruan (LPK), sebagai instruktur kursus tekhnik computer. Untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan, saya juga mengikuti kursus dalam bidang desain grafis dan database. Dengan latarbelakang pendidikan, pengetahuan dan keterampilan tersebut, saya yakin akan dapat memberikan kontribusi yang bernilai untuk perusahaan Bapak.

Terlampir adalah daftar riwayat hidup saya, yang memuat rincian pengalaman dan kursus-kursus yang telah saya ikuti. Saya berharap bahwa kualifikasi saya mendapat perhatian dari Bapak, dan sebuah kesempatan interview akan diberikan kepada saya.

Terima kasih atas perhatiannya.


Hormat saya,



Haryanto Halim
Sumber" Blog mastah"

Seperti yang saya jelaskan di bagian awal artikel bahwa membuat surat lamaran kerja dapat dikondisikan sesuai dengan tempat anda melamar pekerjaan karena dewasa ini sebagian besar perusahaan membutuhkan karyawan yang terampil menggunakan komputer atau mesin ketik akan tetapi jika anda melamar kerja untuk CPNS diharuskan menggunakan tulisan tangan

Berdasarkan alasan di atas, jika anda melamar kerja untuk perusahaan yang melibatkan perangkat komputer atau mesin ketik sangat disarankan untuk membuat lamaran kerja dengan cara diketik namun bukan berarti tidak boleh menulis dengan tulisan tangan dan jika anda memilih untuk menulis lamaran kerja dengan tulisan tangan sebaiknya pada curriculum vitae yang menjadi surat kelengkapan diberikan penjelasan singkat bahwa anda juga terampil menggunakan komputer atau mesin ketik

Dari dua contoh surat lamaran kerja di atas saya kira sudah cukup jelas tentang struktur dan format dalam penulisan surat lamaran kerja dan semoga melalui artikel ini dapat memberikan manfaat dan memudahkan anda dalam membuat surat lamaran pekerjaan. Mengenai data kelengkapan seperti surat pengalaman kerja dan daftar riwayat hidup atau biasa juga disebut dengan curriculum vitae dapat anda pelajari di link berikut

contoh cv-curriculum vitae
surat pengalaman kerja namun untuk surat pengalaman kerja bukan anda yang membuatnya melainkan pimpinan perusahaan tempat terakhir anda bekerja.

Untuk hal-hal lain terkait cara membuat surat lamaran kerja misalnya mengenai ejaan, jenis huruf dan kertas yang digunakan pada lamaran kerja bisa anda simak artikelnya ditanya jawab seputar contoh dan cara membuat surat lamaran kerja

Demikianlah contoh surat lamaran kerja yang admin bisa sajikan saat ini, mudah-mudah bermanfaat sedikitnya membantu anda dalam hal surat menyurat. terimakasih 
Facebook Twitter Google+
Back To Top