> Contoh Paragraf Deskripsi - Kata Kata Bijak

Kata Kata Bijak

Portal Berbagi, Kata-kata mutiara, Kata kata bijak, Kata Kata Motivasi, Kata Kata Romantis, Kata Kata Cinta, Contoh Soal Psikotes, Contoh Resensi, Contoh Moto Hidup, Contoh Surat Resmi,

Contoh Paragraf Deskripsi

Contoh Paragraf Deskripsi. Sobat SE Masih Seputas Paragraf Deskripsi, Untuk memperjelas penjelasannya Silahkan Simak Pengertian Berikut ini: Paragraf Deskripsi adalah : Paragraf yang terdiri kalimat yang melukiskan suatu objek dengan rangkaian kata-kata. Rangkaian kata kata ini harus bisa merangsang indra pembaca agar pembaca bisa "menggambarkan" apa yang ingin disampaikan penulis. Disini penulis harus bisa membuat pembaca seakan bisa melihat, mendengar, atau merasa objek yang digambarkan itu.

Contoh Paragraf Deskripsi
Contoh Paragraf Deskripsi

Pengertian Paragraf Deskripsi
Paragraf deskripsi adalah paragraf yg berisi penggambarkan suatu objek, tempat, atau peristiwa tertentu kepada pembaca secara jelas dan terperinci sehinggga pembaca seolah-olah mlihat dan merasakan sendiri apa yg dideskripsikan oleh penulis.

Pola pengembangan paragraf deskripsi:
1. Paragraf Deskripsi Spasial, paragraf ini menggambarkan objek kusus ruangan, benda atau tempat.
2. Paragraf Deskripsi Subjektif, paragraf ini menggambarkan objek seperti tafsiran atau kesan perasaan penulis.
3. Paragraf Deskripsi Objektif, paragraf ini menggambarkan objek dengan apa adanya atau sebenarnya.

Ciri - ciri paragraf deskripsi :
1. Memberikan gambaran tentang suatu benda, tempat atau suasana
2. Penggambaran dilakukan dengan melibatkan panca indra.
3. Mempunyai tujuan agar seolah - olah pembaca bisa ikut mendengar, melihat atau merasakan apa yang dideskripsikan oleh penulis.
4. Memberikan penjelasan mengenai objek yang dideskripsikan, bisa berupa warna, ukuran, sifat dan lain -lain.

Contoh Paragraf Deskripsi




Contoh Paragraf Deskripsi A

Meja yang dibelikan bapak untuk Budi sebagai hadiah ulang tahun sudah sampai. Meja itu terbuat dari kayu jati. Meja itu tingginya kurang lebih 75 cm lebarnya sekirar 50 cm dengan panjang 1,5 meter. Meja bewarna coklat muda ini terlihat sangat cocok dengan ruang belajar Budi yang sedikit gelap. Meja ini punya 2 lemari yang 1 sebelah kiri dan yang satunya sebelah kanan. Dengan adanya penyangga kaki membuat meja ini nyaman digunakan untuk belajar.
Contoh Paragraf Deskripsi B
Pulau Komodo yang terletak di dekat pulau Flores Nusa Tenggara Timur menjadi perhatian dunia karena disana terdapat hewan langka Komodo. Pulau ini bisa dikunjungi kurang lebih 1-2 jam dari pelabuhan terdekat. Populasi komodo di pulau ini mencapai 1300 ekor(pada tahun 2009) ini sudah lebih dari cukup untuk menarik minat wisatawan lokal maupun asing. Pulau yang luasnya 390 km2ini telah diumumka sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia.
Contoh Paragraf Deskripsi C
Kantor itu dicat merah menyala, mencolok dibandingkan dengan kantor sejenis di komplek itu. Ketika kami masuk, kami melihat lobi kantor yang cukup berantakan. Meski berantakan, fasilitas di kantor itu lengkap. Masih ada sofa yang bisa dipakai duduk. Di belakang lobi ada ruangan tertutup dengan menyisakan lorong untuk masuk ke lantai atas. Di dinding lorong tertempel foto - foto kegiatan kantor serta beberapa piagam penghargaan.
Contoh Paragraf Deskripsi D
Lantai empat kamar nomor dua ratus satu. Tidak salah lagi, inilah kamar yang sejak tadi kucari, di bagian atas pintu kamar itu tertera sebuah tanda pengenal. Di pintu itu juga terdapat sebuah kotak berwarna putih. Sebuah buku kecil terdapat pada kotak itu, dengan sebuah perintah "silakan tinggalkan pesan di sini! Pada buku kecil itu kubacajuga pesan untukku, ”Masuk saja, kunci dalam kotak ini. Aku akan segera kembali!”

Ruang Belajarku



Kenyamanan Belajar memang merupakan hal yang sangat penting bagi saya, bahkan semua orang. Oleh karena itu, beberapa cara kita lakukan agar kita nyaman dalam belajar. Salah satunya dengan menciptakan 'tempat khusus' yang diberi nama kamar belajar atau ruang belajar.

Ruang belajarku sepi, tidak terlalu luas, tetapi sangat nyaman. Hanya terdapat meja berbentuk persegi, kursi, gantungan, rak buku, dan lampu tidur. Ruangan belajarku terletak di dalam rumahku, di Jln. Pattimura. Ruang belajarku bercat hijau dan merupakan bekas dari tempat ibadah.

Meja belajarku berwarna merah. diatasnya terdapat rak buku, kotak pensil, dan lampu belajar. Meja belajarku dekat jendela. Biasanya saya membuka jendela agar ruangan menjadi lebih sejuk. di pojok kamar ini tertempel jadwal pelajaranku.

Di sebelah kiri pintu terdapat gantungan. Gantungan ini saya gunakan untuk menggantung topi, sabuk, dan headset. Saya memang suka belajar sambil mendengarkan musik. Menurut saya, belajar tanpa mendengarkan musik terasa membosankan.

Inilah kamar belajarku, sangat sederhana, bersih, rapi, dan sejuk.

Contoh Pertama:
Pantai Nusa Penida memiliki tata keindahan alam yang menarik, khususnya bagi wisatawan yang mendambakan suasana nyaman, tenang, jauh dari kebisingan kota. Pohon-pohonnya rindang. Bentangan lautnya luas. Bagi penyelam, Pantai Nusa Penida juga menawarkan keindahan ikan laut yang sedang berenang. Pemda Bali harus menata dan mengelola Pantai Nusa Penida sebagai tujuan obyek wisata alternatif.

Contoh Kedua:
Pemandangan Pantai Parangtritis - Yogya sangat mempesona. di sebelah kiri terlihat tebing yang sangat tinggi dan di sebelah kanan kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat. Banyaknya wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Parangtritis ini membuat pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Di pantai Parangtritis ini kita bisa bermain pasir dan merasakan hembusan segar angin laut. Kita juga bisa naik kuda ataupun angkutan sejenis andong yang bisa membawa kita ke area karang laut yang sungguh sangat indah. Disore hari, kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan momen sangat istimewa melihat matahari yang seolah-olah amsuk ke dalam hamparan air laut"

Demikialah Ulasan mengenai Contoh Paragraf Deskripsi, Semoga Bermanfaat.
Facebook Twitter Google+
Back To Top