> Contoh Game Permainan Teka Teki Silang | Jawaban Teka Teki Silang - Kata Kata Bijak

Kata Kata Bijak

Portal Berbagi, Kata-kata mutiara, Kata kata bijak, Kata Kata Motivasi, Kata Kata Romantis, Kata Kata Cinta, Contoh Soal Psikotes, Contoh Resensi, Contoh Moto Hidup, Contoh Surat Resmi,

Contoh Game Permainan Teka Teki Silang | Jawaban Teka Teki Silang

Teka-teki silang. Sahabar SE. permainan teka teki silang merupakan permainan yang cukup disenangi baik kaul muda dan tua. karena permainan ini bukan sekedar permainan. Banyak manfaat dari kegiatan mengisi TTS. Mengisi kotak-kotak kosong berdasarkan petunjuk yang tersedia, memang mengasyikkan, apalagi kalau bisa terisi semua. Namun, seringkali membuat penasaran apabila ada kotak yang masih kosong. Bagi anda yang hobi membuat game teka teki silang dibawag ini andmin akan sedikit berbagi cara membuat game teka teki silang biar sobat bisa. 

Teka Teki Silang

Cara Membuat Teka Teki silang


Apakah Anda hobi mengisi teka-teki silang (TTS)? Apakah Anda tertarik untuk membuatnya? Untuk membuat TTS di komputer / laptop, bisa dengan menggunakan Microsoft Word atau Microsoft Excel. Namun, kedua program tersebut bukan program khusus untuk membuat TTS. Ada program yang khusus untuk membuat teka-teki silang yang bisa dijalankan di komputer atau laptop.

Ada berbagai program pembuat kotak-kotak TTS, ada yang berbayar dan ada juga yang cuma-cuma. Untuk Anda yang ingin membuat TTS, Anda bisa menggunakan EclipseCrossword. EclipseCrossword merupakan program pembuat TTS (crossword maker) yang bisa digunakan untuk membuat TTS secara mudah. Dengan program ini, kita tak perlu membuat kotak-kotaknya terlebih dahulu, kita bisa fokuskan untuk membuat soal (clue) dan jawabannya, kemudian program tersebut akan meng-generate bentuk TTS. Dimensi TTS juga bisa diatur.

Namun, karena prosesnya otomatis, bentuk TTS tidak beraturan alias tidak simetris. Jika menginginkan bentuk yang lain, bisa dengan cara regenerate, maka akan tampil bentuk TTS yang baru. TTS yang dihasilkan bisa dimainkan di komputer / laptop langsung, bisa juga dalam versi cetak, yang nantinya bisa di-print.

Program TTS ini sangat berguna untuk pendidikan. Bagi para siswa yang punya tugas membuat teka-teki silang, bisa dengan menggunakan program ini. Bagi para guru yang ingin mengajar para siswanya dengan cara berbeda, bisa dengan membuat TTS yang bertema mata pelajaran tertentu. Karena TTS adalah permainan, maka belajar melaui TTS berarti belajar sambil bermain.

Untuk membuat TTS dengan bentuk yang teratur dengan EclipseCrossword, prosesnya rumit, yaitu harus mengedit script yang dihasilkan EclipseCrossword. Hal ini karena program ini merupakan program pembuatan TTS dengan hasil yang random (acak). Untuk membuat TTS dengan bentuk yang teratur, saya biasa menggunakan HotPotatoes. Dengan HotPotatoes, desain TTS bisa dibuat sendiri, tidak seperti EclipseCrossword yang otomatis. Berikut ini adalah contoh screenshot TTS yang dibuat dengan menggunakan HotPotatoes. 

Manfaat Bermain Game Teka Teki Silang

1. Asah otak

Manfaat pertama adalah untuk mengasah otak. Dengan petunjuk (clue) yang ada, pengisi TTS diharuskan untuk mengisi kotak-kotak yang kosong. Jika satu soal berhasil dijawab, maka akan mempermudah untuk menjawab soal lainnya yang kotak-kotaknya terkait. Sehingga TTS merupakan media asah otak yang menyenangkan.

2. Menambah kosakata
Dalam TTS seringkali dijumpai kata-kata yang tidak lazim dalam bahasa Indonesia, meskipun sebenarnya kata tersebut termuat dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Bermain TTS bisa bermanfaat untuk menambah kosakata. Tak hanya kosakata kata-kata dalam bahasa Indonesia, tapi juga kosakata lainnya, seperti ibukota negara, bahasa Inggris, dan sebagainya.
Seringkali dijumpai soal sinonim di mana pada petunjuk soal, jawabannya adalah sinonimnya. Hal ini sangat berguna untuk menambah perbendahaaraan kata atau mengingat kembali kata yang lupa artinya.

3. Melatih daya ingat
Manfaat selanjutnya yaitu untuk melatih daya ingat. Dalam menjawab TTS, maka kita perlu mengingat-ingat apa yang kita tahu untuk menjawab pertanyaan TTS. Dengan begitu, mengisi TTS menjadikan otak mengingat pengetahuan yang tersimpan di otak.

4. Menambah rasa ingin tahu
Seringkali soal yang tidak terjawab pada TTS membuat rasa penasaran. Jika dengan menggunakan daya ingat tidak bisa dijawab atau sama sekali tidak tahu, bisa dengan menggunakan bantuan buku pengetahuan umum jika soalnya tentang ibukota negara, KBBI jika soalnya tentang sinonim, kamus bahasa Inggris jika soalnya tentang bahasa Inggris, dan sebagainya.

5. Menambah wawasan
Setelah rasa ingin tahu muncul dan mencoba untuk menjawab soal TTS dengan bantuan, pengetahuan dapat bertambah. Hal ini berarti kegiatan mengisi TTS juga dapat bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

6. Mengatas rasa bosan
TTS dapat bermanfaat untuk mengusir rasa bosan, misal bosan sendirian, bosan saat menunggu di stasiun, dan sebagainya. Namun, dengan banyaknya gadget yang beredar seperti sekarang ini, tampaknya banyak orang yang lebih memilih memainkan gadget ketimbang TTS.

7. Meningkatkan konsentrasi
Dalam mengisi TTS, seseorang harus konsentrasi. Seseorang perlu mengamati kotak-kotak TTS, seperti nomor soal dan letak nomor pada kotak dan jumlah kotak pada soal. Sehingga TTS bisa bermanfaat untuk meningkatkan konsetrasi.

Demikianlan sekilas mengenai game teka teki silang semoga bermanfaat dan terimakasih atas pertisipasinya. 
Facebook Twitter Google+
Back To Top