Kata Kata Bijak

Portal Berbagi, Kata-kata mutiara, Kata kata bijak, Kata Kata Motivasi, Kata Kata Romantis, Kata Kata Cinta, Contoh Soal Psikotes, Contoh Resensi, Contoh Moto Hidup, Contoh Surat Resmi,

12/12/2015

Tafsir, Arti Mimpi Menikah dan Hamil

Tafsir, Arti Mimpi Menikah dan Hamil
Tafsir Mimpi  . Sahabat SE kali ini admin akan sedikit menyajikan mengenai arti Mimpi. Dikutip dari Wikipedia bahwa Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan,pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra lainnya dalam tidur, terutama saat tidur yang disertai gerakan mata yang cepat (rapid eye movement/REM sleep). untuk Kejadian dalam mimpi biasanya mustahil terjadi dalam dunia nyata, dan di luar kuasa pemimpi. Pengecualiannya adalah dalam mimpi yang disebut lucid dreaming. Dalam mimpi demikian, pemimpi menyadari bahwa dia sedang bermimpi saat mimpi tersebut masih berlangsung, dan kadang-kadang mampu mengubah lingkungan dalam mimpinya serta mengendalikan beberapa aspek dalam mimpi tersebut. Untuk  Pemimpi juga dapat merasakan emosi ketika bermimpi, misalnya emosi takut dalam mimpi buruk. Ilmu yang mempelajari mimpi disebutoneirologi.

Banyak ragam pandangan orang mengenai mimpi. Ada yang mengatakan mimpi itu bunga tidur, mimpi dianggap sebagai harapan yang tidak kesampaian, bahkan ada yang beranggapan bahwa mimpi tidak memiliki arti. Ada pula yang menyatakan bahwa mimpi merupakan jalan utama atau jalan emas untuk memasuki dunia batin atau hati nurani kita.

Sejarah menemukan bahwa buku tafsir mimpi tertua telah ditulis tahun 1100 SM. Untungnya sebagian ilmuwan memiliki ketertarikan mengenai mimpi, sehingga antara lain berdiri Institut Carl Gustav Jung di Zurich, Swiss, yang mempelajari mimpi sehingga dapat dipahami secara ilmiah.

Menurut Wolfgang Bock, SJ, yang pernah belajar di Institut Jung tersebut, salah satu fungsi mimpi adalah mengangkat pikiran, khayalan,dan hasrat hati manusia yang dalam hidup sadar kurang diperhatikan. Karena itu, mimpi juga memiliki motif menyeimbangkan kondisi pribadi supaya kepribadian seseorang tidak tumbuh pincang.

"Suka atau tidak suka, mimpi itu mengingatkan Anda, supaya Anda mau melihat kebenaran. Kadang kebenaran itu ditayangkan dengan cara amat mengejutkan, supaya diperhatikan," tulis Bock dalam bukunya, Menafsir Mimpi, Bahasa Sandi Tuhan.

Mimpi juga menambah pengetahuan vital, agar kita dapat memperbaiki sikap terhadap seluruh kehidupan dan situasi nyata yang dihadapi, ungkap Bock lagi. Melalui mimpi, bawah sadar kita akan memainkan tugas membimbing dan merencanakan, guna memberi arah lebih baik kepada sikap dan pendirian pikiran alam sadar.  Alam pikiran sadar kita seringkali tidak mau atau tidak ingin memahami persoalan apa adanya. Namun, melalui mimpi, kemampuan kita untuk menipu diri dan berpura-pura akan dijungkir balikkan, sehingga kita dihadapkan pada keadaan yang sebenarnya.  Tepat apa yang dituliskan Pastor J. Darminta, Si, mimpi bisa mengungkapkan alam spriritual kita, kerinduan dan perjumpaan kita dengan Allah, alam kejiwaan kita dengan segala pergulatan-pergulatan hidup, serta peristiwa dan tindakan hidup kita sehari-hari. Perlu dipahami, mimpi merupakan salah satu bentuk bahasa hidup, seperti halnya bahasa rasa, bahasa hati, bahasa budi, bahasa rohani, bahasa tubuh, dan sebagainya. Sejak zaman para nabi dulu mimpi telah diyakini sebagai salah satu cara Tuhan menyampai pesan.

Melalui mimpi, menurut Bock, Allah hendak bergaul dengan manusia dan menuangkan nilai-nilai baru, kekuatan, dan kasih sayang yang berlimpah ke dalam hati kita. sumber : .indospiritual.com/

Berikut ini adalah tafsir dan arti  Mimpi menurut Sebagian Orang katanya yang ahli: 

Arti Mimpi Menikah 
  • Dalam tidur menyaksikan anak kecil yang sudah menikah – Ini artinya besar kemungkinan anda akan mengalami masalah dalam beberapa hari, bulan atau tahun yang akan datang, entah itu dimana, tapi yang jelas maknanya akan ada kesulitan yang akan menimpamu nanti jadi berhati-hatilah dan jangan ceritakan hal tersebut pada orang lain agar tak ada yang memberi tafsir buruk.
  • Melihat sebuah kerudung pengantin dalam tidur – Hal yang masih ada hubungannya dengan arti mimpi menikah ini dimaknai bahwa seseorang akan mengalami kesedihan karena ulah dari pasangannya, dan ini artinya hal buruk yang akan terjadi pada diri kita.
  • Mimpi menikah lagi – Ini dialami oleh orang yang sudah berkeluarga dan artinya adalah bahwa kesibukan anda akan bertambah dan akan berbeda dari sebelumnya, bisa jadi karena ada pekerjaan atau bisnis yang akan dijalankan nantinya atau mungkin yang hubungannya dengan orang lain.
  • Mimpi sedang menikah dengan perempuan/istri orang lain – Dalam primbon ditafsirkan bahwa akan ada seorang pemimpin, entah itu dalam lingkup daerah atau yang lebih luas, yang akan berlaku sesukanya atau sewenang-wenang
  • Bermimpi sedang memberikan perhiasan intan kepada kekasih – Sekalipun ini belum masuk dalam suasana pernikahan tapi paling tidak masih ada kaitannya dan ini diartikan sebagai isyarat agar seseorang berhati-hati ketika memilih pasangan hidupnya agar tidak terjadi penyesalan dikemudian hari.
  • Bertemu dengan pujaan hati dalam tidur – Dalam tafsirnya diartikan bahwa seseorang akan mendapat kedudukan yang mulia dalam pekerjaan atau mungkin bisa diartikan jabatan atau posisi yang baik dalam pekerjaannya.
  • Apabila bermimpi seakan menikahkan seseorang atau ibaratnya jadi penghulu – maka itu berarti Anda akan mendapatkan suatu kemuliaan, kekayaan, atau pun harga diri. Ini merupakan pertanda baik karena ada derajat lebih tinggi yang akan didapat, entah itu dalam hal harta maupun jabatan yang artinya sebuah keberuntungan hidup.
  • Apabila bermimpi sedang dinikahkan oleh orang tua sendiri - maka itu menandakan hal yang buruk akan terjadi yang bisa jadi Anda akan mendapatkan musibah nantinya.
  • Menghadiri acara pernikahan – Jika waktu tidur hal seperti ini anda mimpikan, terutama buat istri atau wanita yang telah minkah, maka itu artinya suami anda akan mendapatkan keberuntungan berupa kemuliaan dan juga kekayaan.
  • Menikah dengan pacar – Tafsir dari mimpi ini malah sebaliknya yang mana dikatakan bahwa seseorang mungkin akan mengalami masalah dalam hal percintaan, bisa jadi hubungan dengan pacar bermasalah atau mungkin saja putus (Ingat, dalam Islam tidak dikenal istilah pacaran karena ini adalah salah satu pelanggaran, yakni pelanggaran dari larangan “Janganlah kamu mendekati zina…”. Sudah terbukti kan sekarang banyak orang yang hamil diluar nikah karena menghalalkan pacaran?. Sampai keluar tema pembahasan segala!
  • Merasakan sedang merayakan pesta pernikahan – Ini ditafsirkan bahwa akan ada acara keluarga yang meriah dan menyenangkan yang akan terjadi beberapa hari kemudian.
  • Menikah dengan wanita atau pria yang tidak dikenal – Ini berarti akan ada hal buruk yang mungkin akan terjadi pada diri Anda
Arti Mimpi Hamil 
  • Mimpi Melihat Orang Lain Hamil - Jika di dalam mimpi anda melihat orang lain sedang hamil, padahal dalam kehidupan nyata orang tersebut tidak hamil, maka ini bisa diartikan sebagai sebuah hal yang kurang baik. Tapi bukan terhadap anda, namun terhadap orang yang anda impikan. Hal ini juga berlaku terhadap para suami yang memimpikan istrinya hamil.
  • Mimpi Diri Sendiri Hamil - Jika anda memimpikan diri anda sendiri sedang hamil, maka ini dapat diartikan sebagai sebuah pertanda yang baik. Berbagai mitologi dan primbon mimpi memaknakan hal ini sebagai sebuah keberuntungan yang akan diperoleh atau keinginan anda akan segera terwujud. 
  • Mimpi Ada Banyak Orang Hamil - Jika di dalam mimpi anda melihat ada banyak wanita hamil, maka hal tersebut ditafsirkan sebagai sebuah pertanda baik yang akan menghampiri. Entah itu anda akan dikelilingi oleh banyak kebahagian, menerima rezeki yang melimpah, atau diberikan kelancaran usaha dalam jangka waktu yang lama. Sumber : bloger Mastah profesional

Semua itu adalah Menurut Orang, yang jadi pertanyaan Bagaimana Pandangan Agama Islam Mengenai arti mimpi tersebut diatas, Berikut ulasannya : 

Beberapa ayat alquran yang menyebutkan perihal mimpi :

Dan (ingatlah), ketika Kami wahyukan kepadamu: “Sesungguhnya (ilmu) Tuhanmu meliputi segala manusia.” Dan Kami tidak menjadikan mimpi yang telah Kami perlihatkan kepadamu, melainkan sebagai ujian bagi manusia dan (begitu pula) pohon kayu yang terkutuk dalam Al Quran. Dan Kami menakut-nakuti mereka, tetapi yang demikian itu hanyalah menambah besar kedurhakaan mereka. (QS. Al-Israa : 60)

Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar.” (QS. Ashshaaffaat: 102)

Dan demikianlah Tuhanmu, memilih kamu (untuk menjadi Nabi) dan diajarkan-Nya kepadamu sebahagian dari ta’bir mimpi-mimpi dan disempurnakan-Nya nikmat-Nya kepadamu dan kepada keluarga Ya’qub, sebagaimana Dia telah menyempurnakan nikmat-Nya kepada dua orang bapakmu[743] sebelum itu, (yaitu) Ibrahim dan Ishak. Sesungguhnya Tuhanmu Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. (QS. Yusuf : 6)

Ayat - ayat diatas bisa kita cermati, bahwa mimpi adalah suatu perkara yang dikenal dalam islam, dan lebih dari itu Allah subhanahu wata’la memberikan beberapa kelebihan kepada nabiNya, yaitu kemampuan untuk menta’wil atau menterjemahkan maskud dari mimpi. salah satunya kepada nabi Yusuf ‘alaihi salam, yang kita kenal memiliki mu’jizat menafsirkan mimpi.
Dan demikianlah Tuhanmu, memilih kamu (untuk menjadi Nabi) dan diajarkan-Nya kepadamu sebahagian dari ta’bir mimpi-mimpi dan disempurnakan-Nya nikmat-Nya kepadamu dan kepada keluarga Ya’qub, sebagaimana Dia telah menyempurnakan nikmat-Nya kepada dua orang bapakmu[743] sebelum itu, (yaitu) Ibrahim dan Ishak. Sesungguhnya Tuhanmu Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksan Dan demikianlah Tuhanmu, memilih kamu (untuk menjadi Nabi) dan diajarkan-Nya kepadamu sebahagian dari ta’bir mimpi-mimpi dan disempurnakan-Nya nikmat-Nya kepadamu dan kepada keluarga Ya’qub, sebagaimana Dia telah menyempurnakan nikmat-Nya kepada dua orang bapakmu[743] sebelum itu, (yaitu) Ibrahim dan Ishak. Sesungguhnya Tuhanmu Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana

Beberapa Hadits yang menyebutkan perihal mimpi :
dari Abu Sa’id Al-Khudri, bahwa sesungguhnya dia mendengar Nabi saw bersabda:
“Apabila sesorang dari kamu memihat suatu mimpi yang menyenangkan maka sesungguhnya mimpi itu hanyalah dari Allah swt, maka hendaknya ia memuji Allah swt (bertauhid) atas mimpinya dan hendaknya ia memberitahukannya. Dan apabila ia melihat tidak demikian dari yang tidak menyenangkannya maka sesungguhnya mimpi itu hanyalah dari syaitan, maka hendaklah ia memohon perlindungan (ta’awwudz kepada Allah swt) dari keburukannya dan janganlah menuturkannya kepada seseorang, maka mimpi itu tidak membahayakannya (madharat).” (HR : Bukhari)
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,yang artinya :
“Tidaklah tinggal dari tanda-tanda kenabian kecuali berita-berita gembira”. Para shahabat bertanya :”apa itu berita-berita gembira?”, Rasulullah saw bersabda: “mimpi yang baik” (hr. Bukhari).
diriwayatkan bahwa seorang laki-laki berkata kepada Nabi saw:
“Sesungguhnya saya telah bermimpi (melihat) kepalaku telah terputus (dari badanku) lalu saya mengikutinya dari belakang, maka Nabi saw mencelanya dan bersabda : “janganlah kamu ceritakan (kepada orang lain) permainan syaithan terhadapmu di dalam mimpi(mu)” (HR. Muslim)
Dari beberapa hadits diatas bisa kita simpulkan bahwa mimpi terbagi kedalam dua bagian :
1. Mimpi Baik,
Yaitu mimpi yang dirasakan oleh si pemimpi berupa sesuatu yang baik bagi dirinya, bukan berupa kesedihan, atau hal-hal yang dirasakan menyedihkan, membuat gundah dan gelisah.
Dan juga ada yang mengatakan mimpi baik cirinya tidak di dahului oleh khayalan atau pikiran sebelum tirdur, mimpi benar-benar datang sendirinya. dan tidak terkait dengan kejadian sebelum si pemimpi tertidur.
Mimpi baik datangnya dari Allah Subhanhu wata’ala, dan seyogyanya bagi kita yang mengalami mimpi baik memanjatkan puji dan syukur kepada Nya, dan juga menceritakan mimpi baik ini kepada orang yang dianggap baik. sebagai mana kutipan hadits :
Apabila sesorang dari kamu memihat suatu mimpi yang menyenangkan maka sesungguhnya mimpi itu hanyalah dari Allah swt, maka hendaknya ia memuji Allah swt (bertauhid) atas mimpinya dan hendaknya ia memberitahukannya (HR. Bukhari)
2. Mimpi Buruk,
yaitu mimpi yang dirasakan tidak baik oleh si pemimpi, biasanya mimpi yang menyebabkan rasa sedih, takut, khawatir berlebihan, gundah dan gelisah.
Mimpi buruk ini datangnya dari syaitan, sebagai musuh utama manusia, syaitan hendak memberikan gangguan dari berbagai arah, salah satunya dari mimpi.
Oleh karenanya Jika seseorang mengalami mimpi yang tidak disukai, disunnahkan melakukan lima perbuatan. Yaitu, mengubah posisi tidur, meludah ke kiri sebanyak tiga kali, memohon perlindungan kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk, bangun dan shalat, dan tidak menceritakan mimpinya kepada siapa pun.
Dan apabila ia melihat tidak demikian dari yang tidak menyenangkannya maka sesungguhnya mimpi itu hanyalah dari syaitan, maka hendaklah ia memohon perlindungan (ta’awwudz kepada Allah swt) dari keburukannya dan janganlah menuturkannya kepada seseorang, maka mimpi itu tidak membahayakannya (madharat).” (HR : Bukhari)
Hindari kebiasaan menafsirkan mimpi tanpa ilmu!
Saat ini masih banyak sekali orang yang mencari-cari ta’wil atau arti dari mimpi yang dialami, bahkan tidak banyak yang terjatuh ke jurang Ke-Syirikan, dimana orang tersebut mempercai ucapan atau tafsiran dari seseorang yang tidak sama sekali mengetahui ilmu ta’wil ini.
yang perlu kita yakini saat ini adalah, bahwa mimpi itu ada dua maca, mimpi baik yang datangnya dari Allah dan mimpi buruk yang datangnya dari syaitan, tidak perlu kita mencari-cari arti mimpi kita, karena kebanyakan jawaban dari penta’wil mimpi saat ini adalah salah, apalagi bersumber dari sesuatu yang salah seperti ramalan china, ramalan kejawen, bahkan berasal dari cerita orang dulu yang tidak jelas sumbernya.

Demikianlah ulasan mengenai Arti mimpi mudah-mudahan pembahasan diatas dapat bermanfaat sekaligus menambah pengetahuan kita mengenai pandang islam mengenai mimpi. Terimakasih 
Facebook Twitter Google+
Back To Top