Kata Kata Bijak

Portal Berbagi, Kata-kata mutiara, Kata kata bijak, Kata Kata Motivasi, Kata Kata Romantis, Kata Kata Cinta, Contoh Soal Psikotes, Contoh Resensi, Contoh Moto Hidup, Contoh Surat Resmi,

23/07/2018

Contoh Singkat Procedure Text Bahasa Inggris dan Artinya

Contoh Singkat Procedure Text Bahasa Inggris dan Artinya

Procedure Text - Sahabat SE kali ini admin akan sedikit menyajikan mengenai Contoh Procedure Text, supaya tidak lupa dan bingung apa sich yang disebut dengan Procedure Text. Procedure Text adalah rocedure text adalah teks yang memaparkan proses melakukan sesuatu. Dikatakan pula bahwa procedure text merupakan rangkaian dari tahapan dalam melakukan sebuah tindakan dengan tujuan menginformasikan terbentuknya sesuatu. Procedure text merupakan bentuk teks paling sederhana yang biasanya disebut semi-paragraf, karena biasanya dituliskan dalam rentang antara kalimat dan paragraf.
 
Menurut Summington ( 2009 : 156 ) dalam Bukunya menjelaskan bahwa :
Procedure is a text that shows a process in order. Its social function is to describe how something is completely done through a sequence of series 

(Prosedur adalah teks yang menunjukkan suatu proses dalam rangka. Fungsi sosialnya adalah untuk menjelaskan bagaimana sesuatu benar-benar dilakukan melalui urutan seri) 

Generic Structure of Procedure 

1. Goal: showing the purpose
Tahapan pertama dalam emmbuat procedure text adalah dengan memaparkan secara persuasif tujuan kita sebagai penulis ketika memaparkan teks tersebut. Dalam Goal, penulis juga diharapkan menjelaskan tujuan praktis proses melakukan sesuatu.
2. Material: Telling the needed materials
Satu hal yang tidak boleh lupa dicantumkan adalah materi-materi yang dibutuhkan dalam proses tersebut. Detail benda serta keterangan yang akan berfungsi sebagai penunjang proses pembuatan.
3. Step 1-end: Describing the steps to achieve the purpose
4. Kemudian, tahapan terakhir sekaligus tahapan paling penting adalah STEP. Dalam STEP penulis harus menjelaskan langkah-langkah riil dari awal sampai proses tersebut selesai dan menghasilkan sesuatu.  
Language Feature of Procedure
  • Using temporal conjunction (Menggunakan hubungannya sementara)
  • Using action verb (Menggunakan tindakan kata kerja)
  • Using imperative sentence (Menggunakan kalimat imperatif)
  • Using Simple Present Tense (Menggunakan Simple Present Tense)

Contoh :

Planting Chilies

Planting is a nice activity in our spare time. The following is guided information on how to plant a chili-plant easily. Here are the steps. Firstly, dry a handful seeding under the sunlight Secondly, put the seeding on the soil. It should be in open area Next, wait it. There will come out the sprout after that let it be bigger. Finally, put it in another big pot. It will soon grow bigger and bigger and yield us some fresh chilies soon.


Menanam cabai
Penanaman adalah kegiatan yang bagus di waktu luang kami. Berikut ini dipandu informasi tentang cara menanam tanaman cabai dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkah. Pertama, keringkan penyemaian segelintir cabai dibawah sinar matahari. Kedua, menempatkan penyemaian pada tanah. Ini harus di tempat terbuka berikutnya, tunggu saja. Akan ada tunas yang keluar setelah itu biarkan menjadi lebih besar. Terakhir, memasukkannya ke dalam panci besar. Ini akan segera tumbuh besar dan lebih besar dan hasil beberapa cabai segar kami segera.

Procedure text
Procedure text adalah teks yang menjelaskan bagaimana sesuatu dilakukan dengan cara menjelaskannya dalam serangkaian tindakan dan langkah-langkah.
(Procedure text is a text that describes how something is done in a way to explain it in a series of actions and measures).
Teks ini bertujuan untuk menjelaskan kepada pembaca bagaimana melakukan sesuatu kegiatan atau ebua sesuatu, dengan memaparkan langkah-langkah secara berurutan. Biasanya ditemukan di dalam majalah, buku-buku resep makanan dan berbagai media cetak. Apakah itu procedure text atau bukan dapat dengan mudah, karena semua Contoh Procedure Text terdapat kata-kata “how” di judulnya.
(This text aims to explain to the reader how to do something ebua activity or something, to explain the steps in sequence. Usually found in magazines, cookbooks and other food print media. Whether or not the procedure text easily, because all of Procedure Text Examples are the words "how" in the title)
Generic Structure :
Goal
Merupakan tujuan dari procedure text. Terdapat di judul teks (paling banyak ada dalam resep-resep makanan dan minuman).
Material
Optional, berisi benda-benda atau bahan-bahan yang akan diperlukan (tidak wajib ada dalam procedure text).
Step
Langkah-langkah untuk mencapai tujuan dari procedur text.


Contoh  Procedure Text  :
How to Activate a Handphone
Nowadays, we need a handphone to connec to our colleagues. We can get it easly in the shop. When we buy a handphone, we also get a SIM card, a battery and a charger.
Steps :
This is the way to activate the handphone :
First, open the cover of the handphone.
Second, insert the SIM card after being installed.
Third, insert the battery inside.
Fourth, close the battery with the handphone cover.
Fifth, connect the lead from the charger to the bottom of the phone.
Sixth, connect the charger to an AC wall outlet, Charging the battery supplied with the phone way take four up to six hours.
Seventh, when the battery is fully charged, the bar stops scrolling. Disconnect h charger from the AC outlet and the phone. Then we are ready to make a phone call.

Cara Mengaktifkan Handphone

Saat ini, kita membutuhkan handphone ke konektor untuk rekan-rekan kami. Kita bisa mendapatkannya easly di toko. Ketika kita membeli handphone, kami juga mendapatkan kartu SIM, baterai, dan pengisi daya.

langkah-langkah:
Ini adalah cara untuk mengaktifkan handphone:
  •   Pertama, buka penutup handphone
  •   Kedua, masukkan kartu SIM setelah diinstal.
  •   Ketiga, masukkan di dalam baterai.
  •   Keempat, tutup baterai dengan penutup handphone.
  •   Kelima, sambungkan kabel pengisi daya ke bagian bawah telepon.
  •  Keenam, sambungkan pengisi daya ke stopkontak AC, Mengisi baterai yang disediakan dengan cara telepon mengambil empat sampai enam jam.
  •   Ketujuh, bila baterai terisi penuh, bar berhenti bergulir. Lepaskan h pengisi daya dari stopkontak AC dan telepon. Kemudian kita siap untuk membuat panggilan telepon.
Demikianlah Pembahasan mengenai  Pengertian Procedure Text, Mudah-mudahan bermanfaat sekali menambahkan wawasan anda untuk lebih memahami tentang  Procedure Text tersebut. Terimakasih

Facebook Twitter Google+
Back To Top