Apa itu Otomasi Browser? Yuk Simak Definisi dan Contohnya

Otomatisasi browser adalah mereplikasi tindakan di browser web untuk secara efektif menggantikan tenaga manusia manual. Dengan bot melakukan pekerjaan manusia, Anda dapat bertaruh pada pengurangan tenaga, jaminan efisiensi, dan kecepatan yang tidak dapat dihasilkan oleh pekerjaan manual. 

Alat otomatisasi browser bekerja dengan menerapkan teknologi Robotic Process Automation (RPA). Ini adalah saat perangkat lunak otomasi merekam tindakan pengguna dalam antarmuka pengguna grafis (GUI) dari browser, situs web, atau aplikasi web dan menyimpan daftar tindakan. Program otomasi kemudian mengeksekusi tindakan yang terdaftar dengan menyuntikkan JavaScript ke halaman web yang ditargetkan. Hasilnya, alat otomatisasi dapat mengulangi tindakan langsung di GUI.

Dalam arti paling abstrak, otomatisasi browser:

  • Mempercepat proses tugas browser web
  • Meningkatkan jumlah tugas bersamaan
  • Menjamin akurasi dengan mengurangi kesalahan manusia
  • Menurunkan biaya operasional jika dibandingkan dengan tenaga kerja manual

Dengan alat otomatisasi browser, Anda dapat mengotomatiskan berbagai aktivitas browser web, seperti mengisi formulir HTML, ekstraksi data, navigasi browser, serta pembuatan laporan online. Meskipun masih banyak lagi yang dapat Anda lakukan dengan program otomasi, pengujian web adalah salah satu kasus penggunaan penting otomasi browser. Mari selami lebih dalam bidang penggunaan.

Di mana otomatisasi browser digunakan?

Ada banyak alasan khusus untuk menggunakan alat otomatisasi browser; berikut adalah kasus penggunaan paling populer:

Tes web

Pengujian manual situs web dan aplikasi web adalah tugas yang berat, tetapi jika otomatis, ini dapat mempercepat prosesnya. Pengujian web otomatis berbeda dalam tujuan selama proses pengembangan web dan, oleh karena itu, dapat dikategorikan menjadi tiga jenis umum:

  • Tes paralel – dengan banyaknya browser, sistem operasi, dan versi berbeda yang digunakan secara aktif dari keduanya, perlu untuk menguji situs web dan aplikasi web di semua lingkungan yang tersedia untuk memberikan pengalaman pengguna tanpa hambatan. Pengujian paralel otomatis memungkinkan hal itu, tetapi secara bersamaan dan dalam skala besar.
  • Tes regresi – tujuannya adalah untuk memastikan bahwa pembaruan terbaru ke situs web tidak berdampak negatif terhadap kinerja dan operasi secara keseluruhan. Tes regresi otomatis melibatkan menjalankan kembali kasus uji dengan cepat dan mudah untuk menganalisis hasil nanti dan memperbaiki masalah yang muncul.
  • Tes kinerja – semuanya berkaitan dengan pengujian pemrosesan data dan beban lalu lintas situs web atau aplikasi web dapat bertahan sebelum gagal. Dengan pengujian kinerja otomatis, Anda dapat secara konsisten memeriksa beban lalu lintas yang diantisipasi dan maksimum dalam jangka waktu pendek dan panjang. Otomatisasi browser merampingkan proses pengujian dan meningkatkan skalanya.
Baca Juga!  Cara Mengganti Password WiFi Modem TP-Link 2023

Tugas rutin

Tugas berulang yang Anda lakukan di browser, baik itu mengklik atau mengetik, juga bisa dilakukan oleh bot. Misalnya, Anda dapat mengotomatiskan interaksi browser dan halaman web, masuk ke situs web, dan memasukkan data ke formulir HTML. 

Intinya, otomatisasi browser memungkinkan melakukan kembali tugas-tugas rutin yang tidak memerlukan rute navigasi yang berbeda atau informasi yang berbeda untuk dimasukkan setiap saat. Solusi seperti AdsPower adalah yang paling nyaman untuk otomatisasi browser jenis ini, karena pengguna tidak memerlukan pengetahuan pemrograman.

Mengikis web

Meskipun ada pengikis web yang dirancang secara eksplisit untuk ekstraksi data, otomatisasi browser adalah metode sederhana namun efektif untuk mengumpulkan data publik. Perusahaan mengorek informasi dari mesin pencari dan berbagai situs web, seperti situs e-niaga, untuk menganalisis hasil nanti dan mendapatkan wawasan.

Alat pengikis web khusus biasanya dapat mengekstrak data bahkan dari target yang paling kompleks. Jadi mereka lebih baik dalam mengorek dibandingkan dengan alat otomatisasi browser. Meskipun demikian, Anda masih dapat memanfaatkan otomatisasi browser untuk mengotomatiskan pengumpulan informasi yang tidak rumit dalam proses Anda. 

Verifikasi hyperlink rusak

Penggunaan signifikan lainnya dari otomatisasi browser adalah untuk memverifikasi hyperlink yang rusak di situs web. Ketika sebuah tautan tidak mengarah ke situs yang diinginkan atau mengembalikan pesan kesalahan 404: Halaman tidak ditemukan —itu dianggap tidak berguna karena tidak memberikan nilai dan menyia-nyiakan potensi lalu lintas pengguna.

Jika Anda memiliki situs web atau aplikasi web yang besar, sebaiknya gunakan bot untuk memverifikasi hyperlink dalam skala besar. Dengan cara ini, Anda akan mengonfirmasi kualitas konten sekaligus menghemat waktu.

Memulai otomatisasi browser

Untuk masuk ke otomatisasi browser, sebaiknya mulai dengan skala yang lebih kecil. Mulailah dengan masalah sederhana yang dapat Anda selesaikan tanpa harus membuat dan mengelola proyek ekstensif. Berikut adalah panduan yang dapat Anda ikuti untuk menggunakan otomatisasi browser:

  1. Proses – temukan proses dalam aktivitas sehari-hari Anda yang memerlukan penggunaan browser web. 
  2. Pertanyaan – jawab pertanyaan “apakah prosesnya melibatkan tindakan berulang di browser web?” dan “apakah perlu input yang ditentukan sebelumnya setiap kali?”. Jika jawaban keduanya adalah ya, maka ada kemungkinan Anda dapat mengotomatiskan prosesnya.
  3. Alat – telusuri alat otomasi browser dengan fitur dan kemampuan untuk mengotomatiskan proses Anda.
  4. Otomatisasi browser – gunakan alat untuk mengaktifkan kembali proses manual.
Baca Juga!  Unduh Skin Tools ML Apk Versi Terbaru Gratis dan Aman

Anda dapat membilas dan mengulangi metode ini sampai Anda menemukan yang paling cocok untuk Anda.

Ada banyak alat hebat yang dapat Anda gunakan untuk mengotomatisasi browser utama; namun, pemilihannya tergantung pada apakah tim Anda memiliki pengetahuan pengkodean atau tidak. Selenium adalah salah satu alat yang paling umum digunakan untuk otomatisasi browser yang menawarkan tiga solusi. Salah satu solusinya, Selenium IDE , sangatlah mudah karena tidak memerlukan keahlian pemrograman. Sederhananya, Ini adalah ekstensi browser yang merekam interaksi Anda dan kemudian memerankannya kembali secara otomatis. 

Sementara alat seperti Selenium menawarkan fleksibilitas yang lebih besar melalui penggunaan bahasa pemrograman, solusi tanpa kode adalah pilihan terbaik untuk bisnis yang tidak memiliki pengembang internal.

Otomatisasi browser: tantangannya

Karena bot dan infrastruktur memiliki batasan operasional, Anda juga harus menghadapi kesulitan selama otomatisasi browser. Berikut adalah tiga tantangan paling umum:

Skalabilitas

Uji skalabilitas adalah salah satu tantangan terbesar dalam otomatisasi browser. Ada kebutuhan untuk menguji pada beberapa browser yang berbeda, sistem operasi, dan berbagai versi keduanya, tetapi seiring berjalannya waktu, prosesnya menjadi lebih kompleks. Situs web dan aplikasi web bertambah besar, dan perluasan ini menciptakan kebutuhan akan lebih banyak kasus pengujian, yang pada gilirannya membutuhkan lebih banyak sumber daya dan waktu. 

Oleh karena itu, menjalankan dan memantau beberapa pengujian secara bersamaan dapat menjadi kesulitan yang nyata, terutama jika infrastruktur pengujian tidak ditujukan untuk skala besar.

CAPTCHA dan pop-up

CAPTCHA adalah metode yang digunakan situs web untuk mencegah aktivitas bot, seperti otomatisasi browser. Itu mengharuskan pengguna untuk menyelesaikan tugas tertentu, seperti memilih gambar yang cocok dengan istilah, untuk mengakses halaman web lain. CAPTCHA bersifat dinamis, artinya Anda tidak dapat dengan mudah mengotomatiskan penyelesaiannya karena berbagai pengujian yang disajikan setiap saat. Meskipun ada cara untuk mem-bypass CAPTCHA, misalnya, dengan bot yang digerakkan oleh AI, biasanya metode yang paling murah adalah menyelesaikan CAPTCHA secara manual setiap kali muncul.

Hal yang sama dapat dinilai tentang berbagai pop-up, seperti “Apakah Anda ingin meninggalkan situs ini?. Anda tidak dapat dengan mudah memperkirakannya, karena situs web dan browser sering diperbarui, sehingga pop-up ini dapat berlaku dengan pembaruan berikutnya. Tampilan antarmuka pengguna yang tidak direncanakan seperti itu mengganggu aliran bot otomatis dan menghentikannya dari memulai langkah terencana berikutnya.

Baca Juga!  Config FF Apk All Bundle Permanen (Free Fire) Terbaru

Konten dinamis dan pembatasan geografis

Kesulitan lain yang berpengaruh dalam otomatisasi browser adalah konten yang selalu berubah. Baik Anda ingin mengotomatiskan tugas rutin atau mengekstrak data dengan alat otomatisasi browser, Anda mungkin tidak mendapatkan hasil yang diharapkan karena perubahan situs web atau aplikasi web. 

Katakanlah Anda telah mengotomatiskan tugas rutin. Setelah beberapa waktu, target Anda menerima pembaruan yang mengubah tempat atau nama satu tombol yang digunakan dalam proses otomatis. Akibatnya, tugas Anda akan gagal, karena bot tidak akan dapat menemukan tombol sesuai dengan langkah yang telah ditentukan. Oleh karena itu, otomatisasi browser terkadang memerlukan intervensi manual untuk menjamin keberhasilan tugas otomatis.

Selain itu, beberapa konten mungkin hanya dapat diakses oleh lokasi geografis tertentu. Jadi, jika Anda berada di tempat lain, Anda tidak akan dapat mengotomatiskan tugas dengan konten yang dibatasi. Jika itu yang terjadi dalam pengalaman Anda, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengimplementasikan server proxy dengan alat otomatisasi browser yang Anda gunakan. 

Namun, beberapa solusi yang tersedia, termasuk yang tidak memerlukan pengetahuan pengkodean, tidak menawarkan kemampuan untuk mengintegrasikan server proxy. Jadi, sebelum memilih alat otomatisasi browser, Anda harus mengevaluasi apakah proxy merupakan kontribusi yang diperlukan untuk kesuksesan operasi Anda. Jika Anda mencari alat yang mudah digunakan, sekali lagi layak disebut AdsPower, yang menawarkan otomatisasi browser, kontrol sidik jari browser, integrasi server proxy, dan banyak lagi fitur untuk pengalaman menjelajah yang tidak terdeteksi.

Kesimpulan

Otomatisasi browser adalah metode yang menantang namun tak ternilai, memungkinkan bot mengaktifkan kembali interaksi browser, mengekstrak data, melakukan pengujian web, serta memverifikasi tautan yang rusak, dan banyak lagi. Meskipun ada batasan tertentu tentang apa yang dapat dilakukan oleh bot otomasi browser, mereka tetap ideal untuk meningkatkan dan mempercepat berbagai tugas browser.