Apa itu Proxy Anonim?

Jika ada satu hal yang diunggulkan oleh proxy, tidak diragukan lagi itu adalah keamanan online. Tidak mengherankan, ini juga merupakan fitur penentu dari proxy anonim. Seperti banyak server proxy lainnya, mereka memediasi koneksi antara Anda dan server web. Namun, hal yang belum Anda temukan adalah bahwa jenis proxy yang berbeda menyediakan berbagai tingkat anonimitas.

Dalam posting ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis anonimitas proxy dan kasus penggunaan proxy anonim. Selain itu, kami akan membahas apakah Anda harus menggunakan proxy anonim gratis atau tidak.

Tingkat Anonimitas Proxy

Sebagian besar proxy akan melindungi informasi pengguna dan memberikan tingkat anonimitas tertentu (asalkan pengguna memperolehnya dari penyedia server proxy tingkat atas yang andal). Hanya ada satu situasi di mana Anda tidak akan mendapatkan anonimitas apa pun, yaitu dengan proxy transparan. Proxy ini diimplementasikan di sisi server dan biasanya mengungkapkan alamat IP. Faktanya, ada tiga tingkat anonimitas proxy:

Tingkat 1: Proxy elit

Atau dikenal sebagai proxy anonimitas tinggi, server proxy elit menawarkan privasi paling banyak. Selain menyembunyikan alamat IP, mereka juga menyembunyikan fakta bahwa pengguna menggunakan proxy. Opsi ini sempurna untuk tugas pengumpulan data yang sangat menantang di mana bisnis tidak dapat mengambil risiko privasi informasi.

Proxy elit menghilangkan header pengidentifikasi saat mengirim permintaan ke server tujuan. Agar pengguna sepenuhnya anonim, tajuk berikut mungkin dihapus:

  • Authorization
  • From
  • Proxy-Authorization
  • Proxy-Connection
  • Via
  • X-Forwarded-For
Baca Juga!  Unduh Skin Tools ML Apk Versi Terbaru Gratis dan Aman

Level 2: Proxy anonim

Proxy anonim memberikan anonimitas tingkat menengah. Mereka masih menyembunyikan alamat IP, tetapi server tujuan akan mengetahui bahwa koneksi melewati proxy. Berbeda dengan proxy elit, beberapa header – seperti header Via – diteruskan ke server.

Sekarang, fakta bahwa situs web dapat mengidentifikasi proxy ini berarti beberapa mungkin memblokirnya. Itu sebabnya, dalam beberapa kasus, lebih baik menggunakan proxy elite. Sebagai alternatif, rotasi server proxy dapat mengatasi masalah ini.

Level 3: Proxy transparan

Proxy ini tidak memberikan anonimitas kepada klien. Mereka menyertakan alamat IP pengguna di X-Forwarded-For , dan menjaga agar IP proxy tetap terlihat di header  Via .

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa seseorang menggunakan proxy transparan. Faktanya, pengguna sendiri tidak menggunakan server proxy transparan. Sebaliknya, biasanya dikonfigurasi di sisi server untuk mengontrol lalu lintas situs web, dan pengguna jarang menyadari bahwa koneksi mereka diarahkan melalui proxy.

Proxy anonim untuk penggunaan pribadi dan bisnis

Proxy anonim dapat digunakan untuk keperluan pribadi dan bisnis. Kemampuan mereka untuk melindungi alamat IP berguna untuk beragam kasus penggunaan.

Dalam hal penggunaan individu, proxy anonim dapat meningkatkan pengalaman menjelajah. Jika Anda ingin menghindari iklan bertarget, melewati pembatasan geografis, atau melindungi riwayat pencarian Anda, proxy anonim adalah cara yang tepat. Selain itu, ini bisa menjadi tindakan pencegahan yang baik yang melindungi dari pencurian identitas.

Ketika datang ke aplikasi bisnis, itu tidak mudah. Kami telah menyebutkan sebelumnya bahwa proxy anonim tidak dapat lolos sebagai pengguna internet biasa. Mereka hanya menyembunyikan alamat IP asli. Akibatnya, perusahaan akan menemukan server proxy anonim yang hanya cocok untuk kasus penggunaan bisnis umum. 

Baca Juga!  Cara Ganti Password WiFi Modem First Media

Misalnya, jika sebuah perusahaan ingin mengikis data persaingan, melakukan riset merek, atau sejenisnya, proxy anonim mungkin bekerja dengan baik. Dalam kasus lain, lapisan keamanan tambahan mungkin diperlukan. 

Ambil contoh di mana bisnis ingin memeriksa bagaimana perasaan pelanggan tentang merek mereka dengan memantau ulasan. Banyak situs ulasan memblokir proxy dengan menerapkan CAPTCHA dan blok IP yang jarang dapat dilewati oleh proxy anonim. Dalam situasi ini, perusahaan mungkin harus membayar uang ekstra dan memilih proxy elit.

Secara umum, sangat penting untuk menilai secara hati-hati jenis aktivitas yang akan Anda gunakan untuk proxy anonim. Meskipun akan cocok untuk penggunaan individu dan beberapa situasi bisnis umum, mungkin akan gagal untuk tugas yang lebih kompleks.

Haruskah saya menggunakan proxy anonim gratis?

Seperti yang telah kami sebutkan, beberapa server proxy lebih mahal daripada yang lain. Sebaliknya, beberapa orang mungkin berpendapat bahwa proxy gratis adalah pilihan yang lebih baik. Ini tentu saja merupakan alternatif yang menarik tetapi harus diambil dengan sebutir garam. Proxy gratis bisa berupa apa saja mulai dari yang tidak dapat diandalkan hingga yang benar-benar berbahaya, dan, dalam kebanyakan kasus, itu tidak sepadan. 

Misalnya, proxy gratis jarang mendukung koneksi HTTP(S) yang sangat penting untuk penjelajahan yang aman. Tanpanya, koneksi tidak akan dienkripsi, dan aktivitas online Anda mungkin dipantau. Untuk menambah risiko keamanan ini, server proxy dapat mengakses cookie pengguna. Saat menggunakan penyedia proxy tepercaya dengan protokol privasi pelanggan yang sesuai, itu bukan masalah besar. Sayangnya, jaminan ini tidak dijamin saat menggunakan proxy gratis, dan data pribadi mungkin berisiko.

Last but not least, meskipun penyedia server proxy premium berusaha keras untuk menawarkan layanan kelas satu kepada klien mereka, hal yang sama tidak dapat dikatakan untuk proxy gratis. Faktanya, penelitian telah mengungkapkan bahwa sebagian besar proxy yang dapat diakses publik tidak dapat diandalkan atau, lebih buruk lagi, berisi perangkat lunak berbahaya.

Baca Juga!  Cara Ganti Password WiFi Indihome di HP 2023

Mengingat hal ini, sangat disarankan agar Anda menggunakan proxy dari penyedia tingkat atas yang tepercaya. Dengan cara ini, Anda akan memiliki jaminan bahwa Anda akan dapat melakukan tugas dengan aman dan efisien.

Kesimpulan

Proxy anonim dapat menjadi pilihan tepat bagi mereka yang mencari solusi proxy langsung yang menyamarkan alamat IP. Namun, sangat penting untuk mengevaluasi kerumitan tugas Anda sebelum memilih server proxy. Memang, beberapa tugas Anda mungkin memerlukan proxy yang lebih canggih. Jika Anda menginginkan pengalaman yang mulus dan bebas gangguan, pastikan untuk melakukan riset dan memilih dengan bijak.